Abaikan Aturan, Demo Pendukung Ahok Serobot Hak Warga


GNPF-MUI menyebut, massa pendukung Basuki T Purnama (Ahok) yang menggelar aksi demo di sejumlah tempat kerap berbuat tak tertib dan melebihi batas waktu. Dengan aksi yang tidak melalui izin kepolisian dan melebihi batas waktu, demo pendukung Ahok itu dianggap merenggut hak warga.

Ketua tim Advokasi GNPF-MUI Nasrullah Nasution mengatakan, pihaknya tak perlu melaporkan tindakan massa pendukung Ahok yang melakukan aksi demonya dengan disertai sikap tak tertib dan menabrak aturan yang ada. Sebab, seharusnya polisi bertindak secara tegas sendiri, tanpa harus ada dorongan dari manapun.

"Demo yang seperti itu kan harusnya ada pemberitahuan, ada batasan waktu sehingga aparat harus bertindak tegas, tak perlu ada laporan," ujarnya saat dihubungi, Jumat (12/5/2017).

Menurutnya, bila demo pendukung Ahok yang tak tertib dan melanggar batas waktu yang ditentukan itu terus dibiarkan, dikhawatirkan aktivitas masyarakat, khususnya pengguna jalan terganggu dan berpotensi menimbulkan gesekan dengan massa demo tersebut.

"Kenapa ada pembatasan waktu? Itu kan karena semua punya hak, warga penguna jalan kan juga punya hak sehingga ada batasan itu. Kan semua ada aturannya, aturan itu harus ditegakan," katanya.
(dmn)