Inilah Jawaban Tegas Dr Zakir Naik Soal Pernyataan Jokowi Meminta Agama dan Politik Dipisah


Berbagai isu ditanyakan kepada Dr Zakir Naik saat bertemu dengan Ketua MPR Zulkifli Hasan di Gedung MPR, Jumat (31/3). Salah satunya tentang hubungan agama (baca: Islam) dan politik. Apa kata ulama asal India tersebut?

Menurut Zakir Naik, Islam adalah panduan hidup yang tidak hanya mengatur soal kewajiban ibadah dalam Islam, tetapi menyangkut hal-hal yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.

"Islam itu memberikan segala hal. Tidak hanya shalat, puasa, haji, apa yang bisa dimakan, apa yang nggak bisa dimakan, tapi bagaimana berbisnis, memerintah kota, negara," ujarnya tegas.

Isu huhungan Islam dan politik kembali mencuat setelah Presiden Jokowi meminta agama dan politik dipisah yang bertolak dari masih ada gesekan kecil yang terjadi saat pemilihan kepala daerah. Hal ini tak terlepas dari persoalan suku hingga agama. Ia pun menegaskan persoalan politik dan agama harus dipisah, tidak boleh disatukan.

"Inilah yang harus kita hindarkan. Jangan sampai dicampuradukkan antara politik dan agama, dipisah betul, sehingga rakyat tahu mana yang agama, mana yang politik," katanya di Tugu Titik Nol Pusat Peradaban Islam Nusantara, Barus, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Jumat (24/3/2017). (wjn)