Umat Muslim Diprediksi akan Jadi yang Terbanyak di Dunia pada 2050


Pew Research Center, sebuah lembaga pemikir yang berbasis di Washington, Amerika Serikat (AS) dalam sebuah laporan memprediksi Islam akan menjadi agama terbesar di dunia pada tahun 2050. Saat ini agama dengan jumlah pemeluk terbesar di dunia adalah Kristen.

Dalam laporannya, seperti dilansir Sputnik pada Rabu (1/3), lembaga itu menuturkan Pada tahun 2010, ada sekitar 1,6 miliar Muslim di dunia, atau sekitar 23 persen dari populasi global. Sebagai perbandingan, ada 2,2 miliar orang Kristen pada saat itu, atau sekitar 31 persen dari populasi dunia.

Laporan oleh Pew Research Center menganalisa demografi agama dunia dan mengungkapkan Islam dan Kriten akan mencapai jumlah yang sama pada tahun 2050. Setelah masa itu, Islam akan menjadi agama nomor satu di dunia.

Menurut laporan itu, alasan utama untuk pergeseran adalah  keluarga Muslim cenderung memiliki lebih banyak anak-anak dibanding keluarga Kristen. Namun, laporan yang dipublikasikan di website Pew Research Center, tidak menjelaskan apakah lebih banyak anak adalah hasil dari kemiskinan, tradisi budaya atau fitur dari iman.

Laporan itu juga menunjukkan  umat Islam umumnya lebih muda dari orang-orang Kristen. Saat usia warga asli negara maju menua, muncul kekhawatiran penduduk asli di negara-negara ini akan mati dan digantikan oleh pendatang dari negara-negara berkembang, khususnya yang berasal dari negara Muslim.

Pew memprediksi pada tahun 2050, 10 persen warga Eropa adalah Muslim, dan 2,5 persen warga AS adalah Muslim. Jumlah ini meningkat dua kali lipat dari angka yang ada saat ini.
Sumber: (dm)