Habib Rizieq Tak Salami Ahok dan Kuasa Hukum, Habib Novel: Tidak Ada Kompromi terhadap Penista Agama


Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab kedapatan tidak bersalaman dengan terdakwa penistaan agama, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok saat persidangan.

Menanggapi hal itu, Sekjen Dewan Syuro FPI DKI Jakarta, Habib Novel Bamukmin memiliki pandangan sendiri.

“Menurut pendapat saya, tidak ada jalan persahabatan terhadap penista agama. Tidak ada kompromi dan jalinan persaudaraan,” kata Novel di Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Selasa (28/2/2017).

Novel yang juga sebagai saksi pelapor dari ACTA ini mengaku melakukan hal yang sama saat menjadi saksi dalam persidangan Ahok beberapa waktu lalu.

Ia hanya bersalaman dengan hakim, jaksa penuntut umum, dan beberapa kuasa hukum yang hadir. “Saya kemarin juga nggak salaman sama Ahok,” lanjutnya.

Kendati demikian, saat dimintai tanggapan mengenai alasan Habib RiziEq tak bersalaman dengan Ahok, ia mengaku kurang paham.

“Waduh, saya kurang paham kalau Habib Rizieq nggak mau salaman. Itu hak pribadi, dan yang tahu alasannya hanya beliau,” tandasnya.

Dalam persidangan ke-12 perkara penistaan agama, majelis hakim menghadirkan dua saksi ahli. Habib Rieziq hadir dengan kapasitas sebagai ahli agama Islam, sedangkan satu saksi lainnya adalah Abdul Choir Ramadhan sebagai Saksi ahli hukum pidana MUI.

Sumber: (voa)