Inilah Agama di India Yang mengajarkan Ritual Berpuasa Hingga mati


Normalnya, puasa dalam ajaran Islam dilakukan dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Namun siapa sangka, di India ada sebuah ritual yang dilakukan oleh pengikut sebuah agama yang nekat berpuasa sampai meninggal dunia. Karena hal inilah Pengadilan Tinggi di negara bagian Rajasthan melarang ritual Santhara, yang dipratekkan oleh sebagian kecil pengikut komunitas agama Jain.

Alasannya adalah praktek ‘gila’ tersebut dianggap sebagai aksi bunuh diri.

Sayangnya, Mahkamah Agung India justru mencabut sementara larangan ritual kuno ‘berpuasa sampai mati’ oleh komunitas agama Jain ini.

Pencabutan larangan ini karena pada pekan lalu, sekelompok umat Jain menggelar aksi unjuk rasa di sejumlah tempat di India, untuk menentang keputusan yang menyatakan Santhara sebagai tindakan melanggar hukum.

Kini Mahkamah Agung mencabut sementara sambil menunggu proses pengadilan yang menyeluruh atas masalah tersebut untuk mencapai keputusan akhir, BBC melaporkan pada Senin (31/8/2015).

Dilaporkan setiap tahunnya ratusan pengikut Jain berpuasa makan dan minum air selama beberapa hari, bahkan hingga meregang nyawa.

Jain adalah kepercayaan kuno yang memegang prinsip nonkekerasan, bahkan beberapa umatnya tidak mau makan akar pohon dengan alasan mengambil akar melukai mahluk hidup di dunia.

Di seluruh India diperkirakan terdapat sekira 4 juta lebih pengikut agama Jain.

[sm/islampos]