Benarkah Setan/Makhluk Halus Bisa Terekam Kamera? Ini Penjelasannya


Berbicara mengenai setan pasti akan membuat bulu kuduk manusia bergidik. Namun, pembahasan tentang setan tidak akan habis dan justru menjadi tambah seru dan menjadi semakin penasaran. Hingga sampai saat ini setan merupakan salah satu fenomena yang masih belum dapat dibuktikan secara pasti oleh para ilmuwan. Walaupun setan itu belum bisa dibuktikan secara ilmiah, namun bukti berupa gambar, rekaman video, suara dan pengakuan dari saksi sudah cukup banyak mengenai keberadaan setan.

Fenomena setan yang kerap kali tertangkap kamera ini memang cukup menghebohkan masyarakat karena itulah orang-orang yang tidak percaya dengan hal ghaib merasa tertantang untuk membuktikannya. Bahkan ada beberapa orang yang sengaja mendatangi tempat angker dengan membawa kamera untuk merekam apakah setan itu benar-benar ada dan akan tertangkap kamera. Hal yang menjadi pertanyaan apakah setan itu bisa terekam kamera?

Setan merupakan makhluk halus yang selalu menggoda manusia agar terjerumus ke jurang neraka. Tapi satu prinsip yang harus kita ketahui, setan itu merupakan sifat untuk menyebut makhluk yang jahat, tidak taat, membangkang, membelot dan melawan aturan dari Allah SWT. Di dalam agama Islam Allah telah mengabarkan bahwa setan itu benar adanya. Namun bagi orang-orang luar mereka tidak percaya dengan adanya setan apabila belum mendapatkan bukti atau mendapatkan hasil penelitian yang resmi dari pakar.

Maka dari itu, tidak sedikit dari mereka yang membuktikannya dengan beburu hantu. Saat ini banyak alat canggih yang digunakan untuk sekedar merekam dan mengabadikan gambar, suara atau pun video mengenai setan ini. Menurut mereka setan itu adalah gelombang elektromagnetik dan dapat tertangkap kamera ketika gelombang elektromagnetik sama dengan inframerah. Hal ini dapat terjadi jika ada orang yang takut dan setan menyerap energi orang tersebut. Itulah pendapat mereka mengenai bagaimana setan bisa terekam kamera.

Di dalam agama Islam, Allah Ta’ala berfirman: “Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka” (Q.S. Al-A’raf:27)

Dari ayat tersebut tersirat bahwa jin itu tidak bisa dilihat, tapi ada juga yang mengatakan bahwa mereka bisa saja terlihat jika Allah ingin memperlihatkan mereka dengan menyingkap jasad-jasad mereka sehingga terlihat. Mereka bisa dilihat oleh orang-orang shaleh dan orang-orang yang tidak sholeh, namun mereka semua tidak bisa melihat jin setiap saat. Hal ini menunjukkan bahwa jin terkadang memperlihatkan diri dan terekam oleh kamera namun tidak setiap waktu.

Demikianlah ulasan mengenai pertanyaan bisakah setan terekam kamera? Seperti yang kita pahami, bahwa jin itu diciptakan dan diberikan tugas oleh Allah untuk mengganggu umat manusia. Untuk itu, janganlah takut dengan keberadaan makhluk halus di sekitar kita. Semoga setelah membaca artikel ini bisa menambah keimanan kita kepada Allah SWT.