Subhanallah, Inilah Misteri Sungai Sepanjang 6 Km Yang Airnya Mendidih


Fenomena alam menarik terjadi di Sungai Mayantuyacu, di pedalaman hutan Amazon di wilayah Peru. Air di sungai sepanjang 4 mile atau sekitar 6,5 kilometer itu mendidih. Belum ada hasil penelitian ilmiah yang mengungkap apa gerangan penyebab air sungai itu mendidih.

Dikutip Dream dari Daily Mail, Kamis 18 Februari 2016, bagi masyarakat Peru, sungai yang terletak di jantung hutan Amazon itu telah menjadi legenda dalam kurun waktu sangat lama.

Dan pada 2011, sungai itu kembali ditemukan oleh mahasiswa program PhD bernama Andres Ruzo. Dia mencari sungai ini setelah mendengar kisah dari nenek moyangnya. Berbekal cerita itulah Ruzo menembus lebatnya Amazon untuk menemukan Sungai Mayantuyacu.

Ruzo pertama kali mendengar kisah sungai ini dari kakeknya. Menurut sang kakek, bangsa Spanyol yang datang ke benua Amerika Selatan membunuh kaisar Inca terakhir. Setelah pembunuhan itu, orang-orang Spanyol menuju ke pedalaman Amazon untuk mencari emas.

Namun saat kembali, orang-orang Spanyol itu bertutur tentang pengalaman mengerikan yang ditemui di dalam Amazon. Mereka melihat manusia memakan ular, menemui air yang beracun, dan sungai yang mendidih dari bagian dasar.

Sekitar 12 tahun setelah mendengar kisah itu, keluarga Ruzo mengadakan makan malam bersama. Lagi-lagi Ruzo mendengar kisah tentang sungai unik ini. Dia mendengar sang bibi telah berkunjung ke sungai itu.

Rasa penasaran mahasiswa program PhD di Universitas Shouthern Methodist ini tergelitik. Ruzo ingin menemukan sendiri sungai itu. Bukan sekadar cerita. “Aku mulai bertanya. Benarkah ada sungai yang mendidih?” tutur Ruzo.

Dia juga bertanya kepada sejumlah ahli. Mulai teman kuliah, pemerintah, ahli minyak, gas, dan perusahaan pertambangan, tentang sungai yang mendidih. Dan kebanyakan jawabannya adalah tak mungkin ada sungai bisa mendidih airnya.

Tapi, pencarian itu membawa Ruzo menyaksikan sungai yang mendidih airnya.

“Dan ini masuk akal. Anda lihat, sungai mendidih memang ada di dunia, tapi mereka umumnya terkait dengan gunung berapi. Anda memerlukan sumber panas yang kuat untuk menghasilkan seperti manifestasi panas bumi yang besar.”

Fenomena ini juga mirip dengan yang terjadi di lautan. Di Sulawesi Utara misalnya, terdapat Gunung Mahangetang di bawah laut. Aktivitas vulkanik gunung berapi itu menyebabkan air laut di sekitarnya terasa panas.

Melalui fenomena alam, tampak dengan jelas betapa besar kuasa Allah