Bahaya Jika Kamu Menahan Bersin

Apakah Anda Tahu Menahan Bersin Bisa Membahayakan Nyawa Anda ?


Bersin adalah cara alami tubuh melawan infeksi yang masuk ke dalam tubuh. Saat manusia bersin, ia mengeluarkan bakteri dan semua partikel berbahaya lainnya dalam kecepatan 160 kilometer per jam. Dengan kata lain, bersin mencegah Anda tertular berbagai infeksi serius.

Meski demikian, bersin di depan publik bisa menyebabkan ketidaknyamanan bagi orang lain. Itulah sebabnya seseorang kerap menahan bersin dengan cara menutup rapat-rapat hidung dan mulutnya. Tapi tahukah Anda bahwa cara ini sama dengan membahayakan nyawa?

Dikutip dari Boldsky.com, menahan bersin bisa menyebabkan dampak hebat pada organ dalam manusia. Tekanan udara yang harusnya keluar, malah tertahan di dalam dan dialihkan ke organ tubuh yang lain seperti kuping, leher, bahkan otak. Sebagai contoh, ketika tekanan udara berkecepatan 160 kilometer per jam ini dialihkan ke telinga, Anda bisa kehilangan pendengaran.

Kasus lain terjadi bila udara tersebut terjebak di dalam dan berdampak ke mata dan membuat luka pembuluh-pembuluh darah di dalamnya. Selain itu, bakteri yang harusnya keluar dari tubuh, malah tetap bertahan di dalam sehingga mengendap menjadi sumber penyakit.

Dengan mengetahui fakta ini, mulai sekarang jangan lagi menahan bersin. Jikapun Anda melakukannya karena alasan tata-krama, disarankan dengan hanya menurunkan volume suara bersin dan jangan menahannya. Anda pun harus selalu menutup mulut dan hidung, jangan sampai membuat bakteri Anda menulari orang lain.