7 Cara Mengatasi Jerawat Membandel Dengan Waktu Singkat


Jerawat bisa muncul kapan saja dan "menghantui" siapa saja. Jerawat yang tumbuh besar dan merah tak hanya menyakitkan namun juga mengganggu penampilan. Sialnya, jerawat terkadang bertahan lebih dari sehari semalam meski telah diberi obat jerawat. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Sebagai langkah awal, penting untuk memahami bagaimana jerawat muncul. "Kita mempunyai kelenjar sebum yang normalnya menghasilkan minyak dan menjaga kelembapan kulit. Namun kombinasi stres dan hormon bisa menghasilkan penyumbatan pori," jelas ahli kulit Dr Marina Peredo. "Bakteri menyebabkan inflamasi pada kulit yang akhirnya menjadi jerawat," lanjutnya, dilansir dari laman Goodhousekeeping, Minggu (17/1/2016).

Langkah berikut ini bisa Anda terapkan untuk mengatasi jerawat dalam waktu relatif cepat:

1. Kendalikan tangan Anda

Semua ahli kulit setuju untuk menghindari menyentuh bahkan memencet jerawat. "Hal itu mungkin sangat menggoda, tapi ingatlah setelah memencet jerawat akan terjadi lepuhan yang perlu waktu lama untuk disembuhan dan meninggalkan bekas," dermatolog Dr Doris Day memperingatkan.

2. Penguapan

Cara termudah untuk meredakan kulit yang akan berjerawat adalah dengan menggunakan panas, jelas Dr Margarita Lolis, spesialis kulit dan bedah laser di New York dan New Jersey. "Anda bisa menggunakan kompres hangat atau uap (steam) untuk menggiringnya ke permukaan," jelasnya. Setelah jerawat muncul, oleskan obat jerawat. Anda pun bisa menggunakan kompres dingin untuk mengurangi bengkak pada jerawat yang merah dan menyakitkan.

3. Gunakan obat

Selain rajin mencuci wajah, membersihkan sisa make-up di malam hari, menggunakan pelembap yang sesuai jenis kulit, dan tidak menyentuh jerawat dengan tangan, Anda pun bisa menggunakan obat untuk mengatasi jerawat membandel. "Sebaiknya gunakan 1% krim topical costisone dan melapisinya dengan 1 atau 2% salicylic acid dua kali sehari," Dr Day merekomendasikan.

4. Gunakan resep dokter

Tak punya waktu untuk atasi jerawat membandel? Anda bisa mempertimbangkan untuk mengunjungi ahli kulit untuk mendapatkan perawat efektif. "Bila jerawatnya besar dan menyakitkan, cortisone membantu membuat jerawat cepat "matang" dan mengeluarkannya, dan semoga tanpa meninggalkan bekas. Namun obat ini hanya bisa didapat dengan resep dokter.

5. Perbaiki kebiasaan

Jika jerawat cukup sering muncul, coba pertimbangkan untuk mengganti produk perawatan kulit yang biasa digunakan. "Pilih pembersih yang mengandung glycolic atau salicylic acid yang mudah ditemukan di toko," pesan Dr Peredo.

6. Abaikan resep rumahan

Pasta gigi dan jus lemon disebut-sebut sebagai pengobatan alternatif rumahan yang bisa mengatasi jerawat. "Pasta gigi bisa mengiritasi kulit kering," jelas Dr Day. "Jus lemon juga mengiritasi dan tak akan berpengaruh atasi jetawat itu," lanjutnya.

7. Pilih make-up ringan

Menggunakan make-up tebal untuk menutupi jerawat adalah langkah keliru. "Gunakan make-up mineral ketimbang produk yang berbahan dasar minyak yang bisa memicu timbulnya jerawat," Dr Peredo merekomendasikan.